Pendidikan Tinggi diharapkan dapat menghasilkan
sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang tediri atas :
a.
Kemampuan akademik,
b.
Kemampuan profesi dan
c.
Kemampuan pibadi
Pencapaian kernarnpuan akademik dan
kemampuan profesi telah diusahakan melalui mata kuliah keahlian
(MKK), yaitu mata-rnata kuliah menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang diberikan di perguruan tinggi, disamping kegiatan-kegiatan kokurikuler
yang menunjang kegiatan
kurikuler. Kedua kemampuan tersebut bertujuan
untuk mernberikan keahlian dalam bidangnya dan kemampuan
menerapkan keahlian itu dalam masyarakat.
Adapun kemampuan
pribadi, diharapkan untuk dapat dicapai melalui
sekelompok rnata
kuliah yang
tergabung dalarn
Mata Kuliah Dasar Urnum (MKDU) yang terdiri atas mata-mata
kuliah
1. Pancasila
2. Agama
3. Kewiraan
4. Pendidikan
Sejarah Perjuangan Bangsa
5. Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
6. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
7. Ilmu Budaya Dasar
(IBD).
2.
ISD : PENGERTIAN,
TUJUAN, ISD DAN IPS
PENGERTIAN
Berdasarkan sumber filsafat
yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat
dikelompokan menjadi 3 :
a. Natural Sciences
(Ilm-ilmu Alamiah), meliputi: fisik, kimia, astronomi, biologi dan lainlain
b. Sosial Sciences
(Ilmu-ilmu sosial), terdiri dari : sosiologi, ekonomi, politik antropologi,
sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain
c. Humanities
(Ilmu-ilmu budaya), meliputi: bahasa, agama,kesusastraan, kesenian dan lain-lain
TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata
Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar memunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
a. Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyaaan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada
dalam masyarakat
b. Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya
c. Menyadari bahawa
setiap maslah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat komlek dan
hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
d. Memhami jalan
ikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi
dengan mereka dalam rangka penanggulannya masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat.
3.
RUANG LINGKUP
ILMU SOSIAL DASAR
Bahan pelajaran dari Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan
atas 3 golongan yaitu:
a. Kenyataan-kenyataan
sosil yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu
b. Konsep-konsep sosial
atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada
konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
c. Masalah-masalah sosial
yang timbul dalam masyarkat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataansosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsim antar bidang telah
mendpatakan bahwa perkliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 pokok bahasan.
Dari kedelapan pokokbahasaan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu
Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda
dan sosisalisasi.
4. Masalah hubungan
antarawarga Negara dan Negara.
5. Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan imu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.S
Tidak ada komentar:
Posting Komentar