Jumat, 02 Januari 2015

ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU

1.    PENDAHULUAN
Pendidikan Tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang tediri atas :
a.       Kemampuan akademik,
b.      Kemampuan profesi dan
c.       Kemampuan pibadi
Pencapaian kernarnpuan  akademik dan kemampuan profesi  telah diusahakan melalui mata kuliah keahlian (MKK), yaitu mata-rnata kuliah menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing yang diberikan di perguruan tinggi, disamping kegiatan-kegiatan  kokurikuler yang menunjang kegiatan kurikuler.  Kedua kemampuan tersebut bertujuan untuk mernberikan keahlian dalam bidangnya dan kemampuan menerapkan keahlian itu dalam masyarakat.
Adapun kemampuan pribadi, diharapkan untuk dapat dicapai melalui sekelompok  rnata kuliah  yang tergabung  dalarn Mata  Kuliah  Dasar Urnum (MKDU) yang terdiri  atas mata-mata  kuliah
1.  Pancasila
2.  Agama
3.  Kewiraan
4.  Pendidikan  Sejarah Perjuangan  Bangsa
5.  Ilmu Alamiah  Dasar (IAD)
6.  Ilmu Sosial  Dasar (ISD)
7.  Ilmu Budaya  Dasar (IBD).

2.    ISD : PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS
PENGERTIAN
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi 3 :
a.      Natural Sciences (Ilm-ilmu Alamiah), meliputi: fisik, kimia, astronomi, biologi dan lainlain
b.  Sosial Sciences (Ilmu-ilmu sosial), terdiri dari : sosiologi, ekonomi, politik antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain
      c.     Humanities (Ilmu-ilmu budaya), meliputi: bahasa, agama,kesusastraan, kesenian dan lain-lain
TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar memunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
a.   Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyaaan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
b.  Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
c.    Menyadari bahawa setiap maslah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat komlek dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
d.   Memhami jalan ikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulannya masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3.    RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Bahan pelajaran dari Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu:
a.       Kenyataan-kenyataan sosil yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu
b.      Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
c.       Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarkat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataansosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsim antar bidang telah mendpatakan bahwa perkliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 pokok bahasan. Dari kedelapan pokokbahasaan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya
1.      Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2.      Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3.      Masalah pemuda dan sosisalisasi.
4.      Masalah hubungan antarawarga Negara dan Negara.
5.      Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6.      Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7.      Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8.      Pemanfaatan imu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar